Thursday, April 24, 2014

Penyebab Bersin-Bersin Saat Hamil

Terdapat beberapa wanita yang komplain bahwa sejak mereka hamil, mereka sering mengalami bersin-bersin dan hidung tersumbat terutama saat baru bangun tidur. Mereka mencoba bernafas melalui mulut, tapi hal tersebut sangat tidak nyaman dan suka menyebabkan sakit tenggorokan. Kemudian ibu hamil tersebut berkonsultasi pada dokter, dan menurut dokter terdapat beberapa kemungkinan penyebab bersin-bersin saat hamil, beberapa penyebab diantaranya yaitu:

1. Gejala Alergi


Alergi bisa terjadi karena adanya debu tungau pada kasur atau pada bantal. Kadang kebanyakan orang tidak sadar dan merasa tempat tidur mereka bersih dari debu. Anda bisa mencegahnya dengan mengganti sarung bantal atau seprei kasur dengan yang bersih secara berkala tiap minggu. 
Saat mengandung, sistem imun beberapa wanita hamil akan menurun dan menjadi sangat sensitif, sehingga ketika menghirup alergen, misalnya debu, akan mudah memicu produksi antibodi. Hal ini bisa menyebabkan gejala alergi seperti bersin-bersin, gatal, ingusan/hidung mengeluarkan lendir, dan hidung tersumbat.

2. Gejala "Pregnany Rhinitis"


Cukup banyak wanita yang mengeluhkan hidung tersumbat dan bersin-bersin saat hamil, namun bukan karena penyakit flu ataupun karena gejala alergi. Gejala ini sering disebut ”pregnancy rhinitis”, gejalanya sangat mengganggu sekali ibu hamil dan suka terjadi saat awal kehamilan, saat hamil muda atau saat hamil baru 2 bulan-nan.

Hal ini terjadi karena pada saat hamil, hormon estrogen bisa meningkat dan dapat merangsang terjadinya peradangan pada membran jaringan selaput lendir di hidung. Selain itu, aliran darah wanita hamil juga bisa meningkat sehingga bisa memompa pembuluh darah yang mana mengakibatkan pembesaran lapisan membran hidung dan mengakibatkan produksi lendir berlebih. Gejala pregnancy rhinitis ini biasanya akan berhenti atau hilang beberapa minggu setelah melahirkan.

3. Alergi Obat Tertentu

Wanita hamil cenderung sensitif terhadap obat tertentu dikarenakan perubahan hormon pada tubuhnya. Alergi juga bisa terjadi akibat efek samping dari obat-obatan tertentu, macam-macam gejala alergi yang mungkin terjadi yaitu hidung gatal/bengkak/memerah, hidung mengeluarkan lendir/meler, serta bersin-bersin.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab terjadinya bersin-bersin saat hamil, jika Anda adalah ibu hamil dan ingin lebih tau mengenai cara mengatasi sering bersin-bersin akibat rhinitis, saya sarankan Anda membaca eBook Mengatasi Bersin yang bisa Anda beli di www.mengatasibersin.com agar lebih paham.

2 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya, sangat membantu, kebetulan istri saya suka bersin-bersin juga nih..

    ReplyDelete
  2. Saya mulai mengalami bersin-bersin semenjak saya hamil sampai skrg sdh 4 tahun, tiap pagi dan malam selalu bersin-bersin, seperti org sakit flu. Dan sering juga saya mengalami gatal yg amat sangat pada area kelopak mata bawah saat gejala menyerang. Kenapa ya..

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar.