Thursday, April 24, 2014

Bersin-Bersin Saat Hamil Muda

Apakah Anda sering mengalami hidung tersumbat, pilek, dan bersin-bersin pada saat hamil muda? Jika ya, ada kemungkinan Anda sedang mengalami gejala “Pregnancy Rhinitis” (Rinitis saat kehamilan).

Apa Penyebab Rinitis Kehamilan?


Ketika hamil, terdapat sejumlah besar hormon estrogen dan progesterone didalam tubuh wanita, hal tersebut dapat menyebabkan pembengkakan dan sumbatan pada hidung. Jika tubuh Anda memproduksi hormon tersebut secara berlebihan, maka bisa menyebabkan hidung tersumbat dan pernafasan jadi tidak lancar. Estrogen juga mempengaruhi produksi lendir, menyebabkan lendir jadi kental atau menjadi encer. Wanita yang sering mengkonsumsi obat pengontrol kehamilan (obat KB misalnya) juga beresiko mengalami rhinitis.

Rinitis kehamilan biasanya muncul pada saat hamil muda dan paling sering terjadi pada usia kehamilan 3 bulan. Gejala rinitis kehamilan (Pregnancy Rhinitis) yang umum terjadi diantaranya yaitu:
  • Hidung tersumbat
  • Bersin-bersin
  • Hidung meler mengeluarkan lendir bening
  • Batuk
  • Sakit kepala
Selaput didalam hidung membengkak dan bisa membuat iritasi, menyebabkan rasa gatal, bersin-bersin, hidung meler, mata berair dan hidung mampet.

Tips Meredakan Gejala Rhinitis dan Tindakan Pencegahannya:
  • Tidur dengan posisi yang nyaman, jangan menggunakan bantal terlalu tinggi, karena suka membuat pernafasan saat tidur tidak lancar.
  • Memasang alat pelembab udara di ruangan, tujuannya untuk menjaga agar tenggorokan dan mulut tidak kering.
  • Menghirup uap dari air hangat bisa memberikan rasa nyaman pada hidung tersumbat.
  • Hindari asap rokok.
  • Minum banyak air putih.
  • Melakukan olahraga ringan selama beberapa menit pada saat hamil bisa mencegah munculnya gejala rhinitis.

Pengobatan

Obat yang sering digunakan untuk meredakan gejala rhinitis yaitu obat-obatan yang berfungsi sebagai antihistamin, obat-obatan dekongestan, dan obat semprot hidung. Jika Anda ibu hamil, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan kimia.


Apa pengobatan paling efektif untuk mengatasi gejala Rinitis Kehamilan?


Cara paling efektif adalah dengan melahirkan sang bayi. Beberapa minggu setelah melahirkan biasaya tingkatan hormon akan mulai menurun dan menjadi normal kembali, sehingga gejala rhinitis saat kehamilan bisa hilang atau berkurang. Jadi selama hamil Anda harus bersabar, karena gejala pregnancy rhinitis bisa berlangsung hingga kurang lebih selama 3 minggu.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh seputar cara mengatasi rhinitis, saya rekomendasikan Anda untuk membaca ebook mengatasi bersin yang bisa Anda peroleh di situs www.mengatasibersin.com

Baiklah, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang hamil muda.

2 comments:

  1. Kebetulan saya juga sedang hamil muda, baru 2 (dua) bulan dan suka bersin-bersin terus. terima kasih atas infonya ya..

    ReplyDelete
  2. Oh gitu ya, terima kasih infonya.

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar.