Friday, April 25, 2014

Bersin Ketika Mengandung dan Cara Mengatasinya

Banyak sekali ibu hamil yang mengeluhkan sering bersin dan pilek ketika mengandung, namun bukan seperti penyakit flu biasa. Pada artikel ini saya akan coba menjelaskan tentang penyebab bersin dan berbagi pengalaman mengenai tips meredakannya.

Ketika mengandung, seorang ibu hamil akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya, termasuk berubahnya sirkulasi darah serta perubahan hormon. Perubahan-perubahan tersebut bisa mengganggu pembuluh darah dan jaringan selaput lendir di hidung sehingga jadi sensitif dengan pemicu tertentu, dan jadi mudah bersin-bersin, pilek, serta hidung tersumbat. Gejala ini sering disebut Rinitis Kehamilan (Pregnancy Rhinitis), baca tentang Rhinitis secara lebih jauh di situs ini > www.mengatasibersin.com.

Tips:
  1. Minum banyak air putih
  2. Jangan tidur ditempat yang bersuhu dingin, jika sering menggunakan AC, sebaiknya dikontrol pada suhu yang normal, atau dimatikan saja.
  3. Jika hidung tersumbat, perbanyak bergerak ringan, seperti berjalan-jalan.
  4. Jika dingin, mandi dengan air hangat
  5. Konsumsi banyak vitamin C.

Selain bersin, ibu hamil juga biasanya mengeluhkan kesemutan pada kaki. Hal ini terjadi karena dalam tubuhnya bisa terjadi penumpukan cairan pada ujung-ujung alat gerak tubuh seperti tangan dan kaki. Pada daerah tersebut bisa terjadi pembengkakan karena penumpukan cairan dan bisa juga disertai sensasi kesemutan. Hal tersebut terjadi karena tertekannya daerah tersebut oleh penumpukan cairan dan juga karena pengaruh hormon pada kehamilan.

Tips: 
 
Tinggikan kaki Anda pada saat beristirahat agar membantu kembalinya darah ke jantung. Lakukan gerakan memompa pada daerah lutut dan meremas-remas pada telapak tangan. 
 
Semua keluahan siatas akan berkurang setelah sang bunda melahirkan nanti, jadi bersabarlah, semoga bermanfaat.. :)

1 comment:

  1. Ok, terima kasih atas infonya.. bersin ketika mengandung memang suka menyusahkan!

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar.